اللّهُمَّ نَجِّ إِخْوَانَنَا الْمُؤْمِنِيْنَ الْمُسْتَضْعَفِيْنَ فِي فَلَسْطِيْنَ وَفِي كُلِّ مَكَانٍ

SIKAP TERKAIT PEPERANGAN YANG TERJADI DI PALESTINA

❓ Pertanyaan :

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.

Syeikh -semoga Allah menjaga dan memberikan taufik kepada antum-. Bagaimana sikap yang benar terkait keadaan Palestina saat ini ?

Dijawab oleh:
Asy-Syaikh Abul Athoo Ahmad Ba Najah hafidzahullah

Jawaban berupa audio berbahasa Indonesia bisa simak di sini PART 1 dan di sini PART 2 dan untuk audio berbahasa Arab bisa simak di sini


📍 Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

🟡 1- Peperangan yang sedang terjadi adalah peperangan antara kaum muslimin dengan kaum kuffar. Sehingga kita sebagai muslim mendoakan saudara kita sesama muslim dan melaknat kaum kuffar. Terlepas dari kontroversi muslimin disana, selama mereka muslim maka kita mendoakan kebaikan untuk mereka. Kita berdoa semoga Allah menolong mereka dari para musuh serta menyatukan hati-hati muslimin, memenangkan orang-orang lemah dari mukminin, merahmati yang syahid diantara mereka, serta menerima mereka termasuk orang-orang sholeh yang syahid, menyembuhkan luka-luka mereka, dan memberikan taufik untuk segala bentuk kebaikan. 

🟡 2- Para muslimin Palestin mereka terdholimi yang keadaan nya serba terbatas dan lemah. Maka barangsiapa yang memiliki kemampuan untuk menolong mereka maka lakukan dengan cara yang baik tanpa memperparah suasana. Karena seperti kita semua lihat bahwa keadaan mereka sangatlah terpuruk sehingga barangsiapa yang bisa menolong mereka dengan cara terbaik tanpa menambah ricuh situasinya maka silahkan. Masing-masing menolong sesuai kemampuan dirinya dimana Allah tidak membebani seseorang lebih dari kemampuannya. 

🟡 3- Adapun terjun ke medan perang untuk ikut melawan kuffar yang sebetulnya merupakan keharusan bagi kita, namun karena keterbatasan diri, tidak mungkin itu dilakukan. Maka bantuan itu sampai sesuai dengan kemampuan kita misalnya dengan mengirimkan bahan pangan, pakaian dan materi lainnya. Yang lebih utama dari itu semua adalah DOA.

🟡 4- Kaum kuffar telah menguasai beberapa daerah. Maka sebagai muslim peperangan yang kita lakukan adalah dengan membela dan melindungi diri ketika diserang. Namun tidak sampai mengambil kekuasaan daerah lain karena ini seperti kita lihat hasilnya sekarang tidaklah menambah kecuali memperparah peperangan dan perlawanan mereka kepada muslimin dan menambah korban-korban berjatuhan dari muslimin. 

🟡 5- Terlepas dari kesalahan mereka dalam menghadapi konflik dengan berusaha merebut daerah diluar daerah mereka dan mengakibatkan peperangan yang lebih besar, mereka adalah muslimin. Yang wajib kita bela, serta kita doakan kebaikan dan pertolongan untuk mereka.

Hamas seperti kita ketahui mereka memang  Ikhwanul muslimin, dan menerima bantuan dari kaum Syi'ah. Namun ini tidak mengubah kenyataan bahwa mereka tetaplah muslim yang memiliki hak atas kita untuk tetap mendoakan kepada kebaikan.

📍 Maka kesimpulan yang kita ambil :

🟡 Sikap yang benar terhadap apa yang sedang terjadi bahwa kita mendoakan kaum muslimin semoga Allah menolong mereka dan menerima para korban sebagai syahid. 

🟡 Kita berbahagia apabila datang bantuan untuk mereka, dan ikut merasa sedih dengan peperangan mereka. Inilah sikap seorang mukmin.

🟡 Sebagaimana Allah تعالى berfirman tentang kaum kuffar, kaum Romawi dimana mereka adalah kaum kuffar namun mereka ahlul kitab sehingga lebih dekat dengan muslimin. Allah تعالى berfirman :

{ وَیَوۡمَىِٕذࣲ یَفۡرَحُ ٱلۡمُؤۡمِنُونَ } [Surat Ar-Rum: 4]

▫️ Saat itu kaum muslimin ikut sedih dengan kekalahan kaum Romawi yang merupakan ahlul kitab ditangan kaum Persia penyembah api.. Perhatikan, apabila demikian keadaan muslimin terhadap ahlul kitab yang bukan muslim.. maka kaum muslim lebih pantas untuk dibela dan didoakan..!!

🟡 Kita pun di negeri kami Malaysia disini kami ikut mendoakan mereka dalam qunut di setiap sholat, dan ini diajarkan oleh Rasulullah صلى الله عليه وسلم  sebagaimana dalam hadits Anas.

Kita sama-sama mendoakan dan membantu semampu kita, serta menyampaikan bagaimana cara dan strategi jihad yang benar dan sesuai dengan kemampuan berupa menjaga dan melindungi diri tanpa berusaha mengambil kekuasaan daerah lain yang menyebabkan kemadhorotan lebih besar dan korban-korban berjatuhan terus-menerus. 

🟡 Ana menasehatkan para ikhwah untuk merujuk pada fatwa-fatwa masyhur dari para ulama dimana pendapat dan sikap mereka adalah serupa dengan ini. Seperti Syaikh Al-Albani, Ibnu Utsaimin, Ibnu Baz رحمهم الله. Wallahu a'lam.. 
وفقنا الله وإياكم.. 


✍️ Diterjemahkan oleh :
الهيئة العلمية المختصة بالترجمة

📡 Versi asli berbahasa Arab :




  رَبَّنَا ٱغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلْإِيمَـٰنِ وَلَا تَجْعَلْ فِى قُلُوبِنَا غِلًّا لِّلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٌۭ رَّحِيمٌ

Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.